contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

23 Mei 2010


Supervisi sebagai pengamat berupa penilaian dan perbaikan oleh para ahli. Sehingga supervisi dapat diartikan sebagai semua usaha yang dilakukan untuk memberikan bantuan kepada guru dalam memperbaiki pengajaran.

Interaksi pembelajaran guru dengan siswa dikelola oleh supervisi, dimana supervisi ini untuk membantu guru dalam mengelola kelas dan interaksi dengan siswanya, sebagai administratif/manajemen (TU, kepala sekolah, TK) , peningkatan mutu guru agar materi yang disampaikan dapat dipahami dan dimengerti oleh siswa.

Tugas Supervisi
1. Tugas Perencanaan
2. Tugas Administrasi
3. Melaksanakan Penelitian
4. Melaksanakan demonstrasi mengajar untuk guru
5. Partisipasi secara langsung dalam pengembangan kurikulum

Peran Supervisi :
a. Supervisi Traktif (melakukan perubahan yang sudah ada)
b. Supervisi dinamik (membuat program baru)

Fungsi : membantu, mendorong, dan memberikan keyakinan kepada guru, bahwa PBM dapat dan harus diperbaiki.

Tahap-tahap Supervisi :
a. Monitoring
b. Evaluasi 
c. Supervisi , dengan pengamatan yang dilakukan adalah :
       1. Kunjungan Kelas atau untuk sekarang ini adalah Lesson Study 
       2. Instrumen (pengecekan)
d. Pelaksana supervisi 
    Berdasarkan UU No.20/2003 : 1. Pemerintah
                                                          2. Pemda
                                                          3. Masyarakat atau komite sekolah

Pelaksanaan Supervisi
Landasan
1. Pancasila
2. Pemecahan masalah didasarkan kepada pendekatan ilmiah dan dilakukan secara kreatif
3. Berorientasi pada hasil belajar
4. Menjamin kontinuitas perbaikan dan perubahan program pengajaran
5. Bertujuan untuk menciptakan suasana kondusif

Tugas Supervisior
  • Tugas Pendahuluan : 1. Pengembangan kurikulum
                                                2. Pemenuhan fasilitas
  • Tugas operasional
  • Tugas Perkembangan



My Blog List

Mengenai Saya

Foto saya
Teacher || Chemistry �� Mom's baby A ��

PKNR ceria..

PKNR ceria..